Bulan di Atas Kuburan: The Remake
foto: istimewa

Film bertema sosial yang dikemas secara ringan.

Ya, film yang disutradarai oleh Edo WF Sitanggang ini merupakan film adaptasi dari film berjudul sama karya Asrul Sani pada tahun 1973. Film ini terinspirasi oleh sebuah sajak karya Sitor Situmorang yang berhasil meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia tahun 1975 dan mendapat Plakat H. Usmar Ismail untuk kategori Film Aktuil Masyarakat Terbaik.

Bercerita tentang 3 orang sahabat dari Toba (Sumatera Utara) bernama Sahat (Rio Dewanto), Tigor (Donny Alamsyah), dan Sabar (Tio Pakusadewo), yang merantau ke ibu kota bermodalkan idealisme. Tapi kemudian mereka menghadapi konflik di tempat yang mereka sebut hutan belantara itu, karena menyesatkan dan membuat setiap orang gampang kehilangan jati diri.

Edo WF yang sebelumnya dikenal sebagai penata suara di film Emak Ingin Naik Haji, Selamat Pagi Malam, dan produser TOILET BLUES itu mengaku film ini dibuat karena usulan dari ayahnya.

"Saya dibantu Dirmawan Hatta sebagai penulis naskah, mengadaptasi film ini melalui skrip film sebelumnya. Ceritanya hampir lima puluh persen berubah. Tapi, secara garis besar konfliknya masih sama. Karena menurut saya film sebelumnya emang bukan film yang selesai. Terutama dari segi konfliknya yang emang masih kita alami sampe sekarang di Jakarta," ujarnya di acara syukuran film tersebut di Energy Cafe, Jakarta, Kamis (14/8) lalu.

Film yang juga dibintangi sama Atiqah Hasiholan, Annisa Pagih, Ria Irawan, Ray Sahetapy, Andre Hehanusa, Arthur Tobing, Nungki Kusumastuti, Remy Silado, dan Ayushita ini juga mengangkat tentang persahabatan, intrik politik, dan cinta. "Intinya ini film bertema sosial tapi dikemas lebih ringan,” jelasnya.

Rencananya film ini mulai syuting pas hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang. Proses syutingnya sendiri berlangsung selama 30 hari di dua lokasi, Jakarta dan Samosir. Sementara buat jadwal rilisnya, sang sutradara berharap film garapan Sunshine Pictures dan MAV Production ini bisa tayang di bioskop sekitar bulan Maret atau Mei tahun depan.

Semoga sukses!(Erick)