Tabula Rasa: Film Indonesia Kaya Rasa
foto: tabularasa.com

Coba membangkitkan kecintaan akan kebhinekaan Indonesia.

Satu lagi film karya bangsa siap tayang. Mengangkat topik mengenai makanan, film garapan Lifelike Picture ini coba memotret bangsa ini lewat sisi kulinernya.

Tabula Rasa bercerita tentang Hans, seorang pemuda asal kota Serui, Papua yang hijrah ke Jakarta untuk mewujudkan cita-citanya menjadi pemain sepak bola. Namun, nasib malah membawanya ke sebuah rumah makan padang alias Lapau milik Mak (Dewi Irawan). Di lapau itu akhirnya Hans bekerja membantu Mak berjualan. Ya, film ini bercerita tentang rumah makan Minang yang dikelola orang seorang Papua. Di sini, kebhinekaan budaya mulai dipertontonkan.

"Dalam film ini, makanan sebenernya hanyalah metafora. Di balik makanan dan proses pembuatannya itu tersimpan banyak sekali nilai budaya baik Indonesia," ujar Lala Timothy, yang adalah produser dari film ini.

Alur cerita film ini terbilang menarik. Tumpal Tampubolon, sang penulis, niat melakukan riset mendalam demi mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak hanya cerita, dari sisi visual, alias sinematografi, sutradara Adriyanto Dewa cs., menggarapnya dengan apik, dibantu dengan peralatan mutakhir di dunia film dunia saat ini.

Penasaran dengan filmnya? Tunggu aja jadwal tayangnya 25 September ini. (Erick)