3 Pemuda Sulsel Kenalkan Nilai Karakter 3S ke Siswa melalui Pertunjukan Seni

  • Whatsapp

MAKASSAR, Wajahindonesia.com – Tiga pemuda asal Sulawesi Selatan memperkanalkan nilai-nilai karakter dasar budaya Bugis-Makassar yaitu Sipakatau, Sipakainga’, dan Sipakalebbi (3S) kepada siswa Sekolah Dasar.

Penanaman karakter 3S tersebut diimplementasikan dalam bentuk pertunjukan seni wayang kulit dengan memanfaatkan barang-barang bekas seperti kardus dan kertas bekas print yang diberi nama si Accareng.

Gagasan prakarya Si Accareng sendiri lahir dari permasalahan yang terjadi di masyarakat seperti perundungan hingga kenakalan remaja akibat pergaulan yang tidak baik.

Ketiga pemuda tersebut memamerkan karyanya melalui program Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM 2020) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Pemilihan nilai karakter Budaya 3S paling pas untuk mengawali dalam menerapkannya pada produk Prakarya kami,” ujar Muhammad Akhsan Alimuddin, Ketua Tim program ini, Selasa (21/7).

Lebih lanjut melalui prakarya ini diharapkan generasi muda Indonesia nantinya akan lebih mengenal budaya daerah ditengah pesatnya perkembangan zaman.

“Kita tahu saat ini sudah memasuki era 4.0, dengan perkembangan zaman kita tidak ingin generasi muda melupakan nilai karakter bangsa,” lanjut Akhsan.

Program tersebut diinisiasi oleh Muhammad Akhsan Alimuddin, Muh. Taqwa dan Anugrah Sari. (Zack)


banner

Pos terkait