Debat Ketiga Batal Digelar di Makassar, Ini Alasan KPU Makassar

  • Whatsapp

MAKASSAR, Wajahindonesia.com – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar akhirnya mengurungkan niat menggelar debat kandidat calon walikota dan wakil walikota Makassar 2020 putaran ketiga di kota Makassar.

Sejatinya, pihak KPU kota Makassar sudah menetapkan tanggal (4/12/2020) di kota Makassar. Hal ini karena sejumlah alasan, termasuk kesibukan jelang pelaksanaan di hari pemilihan.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, tidak keluarnya izin dari pihak keamanan mengharuskan KPU memboyong debat ke Jakarta.

“Kita punya banyak tahapan, seperti distribusi logistik, dan sejumlah tahapan yang lainnya,” jelas Komisioner KPU Makassar, Endang Sari.

Lebih lanjut Komisioner KPU kota Makassar Divisi Sosialisasi, Patisipasi Masyarakat, dan Pendidikan Pemilih, tersebut mengatakan, hasil rapat koordinasi dengan pihak kepolisian, debat ketiga tidak diizinkan berlangaung di Makassar.

“Tadi sore kita rapat sama pihak keamanan. Mereka cuma kasih dua pilihan, digelar di luar Makassar atau tidak dilaksanakan sama sekali.”

“Karena kita menganggap posisi debat kandidat ini sangat krusial bagi pemilih, khususnya di masa pandemi ini, maka tidak ada pilihan lain selain membawa debat keluar Makassar. Debat ini tidak bisa dihilangkan,” jelas Endang.

Akan tetapi Endang memastikan, keamanan bakal dilakukan secara berlapis. Sebab, pihak stasiun tv juga siap menjamin tingkat keamanan pada saat debat berlangsung.

Meski begitu, tidak ada tambahan pos anggaran yang digelontorkan untuk pengamanan berlapis ini. Sebab, KPU memastikan stasiun tv yang ingin menyiarkan harus memastikan keamanan terlebih dahulu.

“Tidak ada pembengkakan anggaran. Karena sudah ada komunikasi saat wawancara ke stasiun tv terkait keamanan berlapis. Pos anggarannya tetap sama,” jelas Endang.

Selain itu, rangkaian tahapan yang harus ditinggalkan ke Jakarta dipastikan tidak akan terbengkalai. Sebab, debat kandidat akan digelar sore hari, sehingga malam harinya pihak KPU bisa langsung kembali ke Makassar.

“Debat digelar sore, supaya pasca debat bisa langsung kembali ke Makassar,” jelas Endang.

Sementara ketua KPU kota Makassar, Muhammad Faridl Wajdi, menegaskan tidak ada rangkaian tahapan Pilwali yang mandek akibat rangkaian tahapan yang lain.

“Tidak ada pekerjaan tahapan KPU yang tertunda karena pekerjaan tahapan yang lain. Semua berjalan lancar dan selesai sesuai target,” tegas Faridl.

Debat kandidat ketiga ini bakal mengusung tema Kebijakan Covid-19, Perlindungan terhadap disabilitas, perempuan, dan anak, penanggulangan kemiskinan, dan komitmen anti narkoba.


banner

Pos terkait