Legislator Hanura Sosialisasikan Perda Pengawasan dan Pengendalian Minol

  • Whatsapp

WAJAHINDONESIA.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, M. Yunus melakukan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengawasan dan Pengendalian Pengadaan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Sosialisasi ini sendiri berlangsung di Hotel Karebosi Premier, Jalan, Jendral M. Yusuf, Makassar, Rabu (10/3/2021).

Bacaan Lainnya

Hadir sebagai narasumber, Umar SH, dan Drs. H. Baharuddin HS, M.Ag, serta dipandu oleh MC Syamsuddin Gani.

Yunus memaparkan kepada warga, Perda terkait minol ini sudah bukan lagi hal tabu. Maka bagaimana upaya melakukan keseimbangan agar kebebasan dalam menjalankan usaha miras tidak kebablasan.

Perda ini menjadi pekerjaan berat bagi pemerintah kota dalam hal penegak Perda dalam melakukan pengawasan sesuai regulasi yang diatur dalam perda tersebut.

“Perda terkait izin tempat penjualan minol ini di Kota Makassar ini telah diimplementasikan, terutama bagi pelaku usaha. Namun banyak ruang atau bagian yang bisa saja tidak mengena sehingga akan berdampak pada permasalahan sosial masyarakat. Sebab itulah diperlukan pengawasan secara terukur, dengan mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya,” paparnya.

Sementara itu, pemateri pertama Umar menyebut tujuan dilakukan kegiatan sosialisasi Perda ini untuk memberikan informasi yang baik dan benar tentang tempat-tempat mana saja yang tidak diperbolehkan menjual minuman beralkohol.

“Penerapan aturan serta batasan-batasan penjualan minol harus ditegakkan, sebut saja penjualan minol di dekat tempat ibadah dan lembaga pendidikan tidak diperbolehkan,” ujarnya.

Senada dengan itu, Baharuddin berharap, melalui sosialisasi ini ada saran dan masukan dari peserta sosialisasi agar Perda yang sudah disahkan sejak 2014 itu penerapannya bisa lebih maksimal lagi.

“Ini tidak hanya sekedar menjadi aturan tertulis tetapi sungguh-sungguh harus diterjemahkan dan diterapkan di lapangan,” pungkasnya.

Kegiatan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.


banner

Pos terkait