Legislator PKS Sosialisasikan Perda Kawasan Tanpa Rokok

  • Whatsapp
Sosialisasi Perda

WAJAHINDONESIA.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Azwar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 4 tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Hotel Grand Town, Rabu (24/2/2021).

Pada kegiatan tersebut menghadirkan pemateri Ali Imran Sadiq dari Balai Diklat Keagamaan Masyarakat dan Ustaz Takbir, Kandidat doktor dari kampus Minnesotta Amerika.

Azwar menyebut sosialisasi Perda ini sangat penting, sebab masih banyak masyarakat yang belum sadar apa yang ia lakukan bakal membahayakan kesehatan orang lain.

sosialisasi perda

“Perda ini memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ada tempat2 tertentu di makassar. Pemerintah harus tegas tidak boleh merokok di tempat terlarang itu,” ujar Azwar.

“Mesti ada pengumuman. Menghargai orang lain yang tidak merokok, perda ini melindungi mereka,” lanjutnya.

Sementara itu, Ali Imran Sadiq berujar rokok mengandung zat psikoaktif berbahaya yang dapat menimbulkan ketergantungan.

“7 kawasan tanpa rokok, fasilitas pelayanan masyarakat, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan,” ujarnya.

sosialisasi perda

Dari prespektif keagamaan, rokok itu haram karena membahayakan pribadi dan orang lain. jika rokok itu haram maka jual belinya pun haram.

Kawasan bebas asap rokok adalah bagian dari syariat Allah SWT. Karena Allah tidak menyukai melakukan kerusakan.

“Yang sudah sadar tidak merokok semoga tambah sadar. Yang belum sadar semoga mendapat hidayah agar sadar.Mari sama2 kita mewujudkan Makassar tanpa rokok,” pungkas Ustaz Takbir.

Kegiatan sosialisasi ini juga disertai sesi tanya jawab, dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, seperti cuci tangan, memakai masker dan jaga jarak, mengingat saat ini Makassar masih dalam status pandemi Covid-19.


banner

Pos terkait