Tekankan Pentingnya Pemenuhan Hak Anak, Muliati Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak

  • Whatsapp
Dokumentasi Sosialisasi Perda

MAKASSAR, Wajahindonesia.com – Anggota DPRD kota Makassar, Muliati menggelar sosialisasi penyebarluasan produk hukum Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2018 tentang perlindungan anak.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Lint, Jalan Letjend Hertasning Makassar, Senin (30/11).

Bacaan Lainnya

Dokumentasi Sosialisasi Perda

Hadir dalam kesempatan tersebut,
akademisi Wardihan dan praktisi anak Amirullah Hamzah.

Dalam kesempatan itu, Legislator PPP ini mengatakan Perda ini penting diketahui warga Kota Makassar soal hak-hak anak agar bisa tumbuh dengan baik.

“Jadi kita semua sebagai orang tua patut mengetahui hak anak kita, misalnya hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, perlindungan, nama atau identitas diri, status kebangsaan, hak untuk mendapatkan makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan, dan peran dalam kebangsaan,” ungkap Muli.

Anggota Komisi B DPRD Makassar ini pun menaruh harapan agar kegiatan ini bisa memberi manfaat dan menjembatani masalah yang sering dihadapi warga terutama eksploitasi anak.

“Kami tentu berharap bahwa kedepan kita tidak mendengar lagi ada orang tua yang memaksakan anaknya untuk mengemis misalnya, atau dalam bentuk eksploitasi anak dalam bentuk yang lain,” tuturnya.

Dokumentasi Sosialisasi Perda

Sementara itu, Wardihan menyampaikan bahwa hak perlindungan anak itu tidak hanya dari kedua orang tua, tetapi semua pihak, diantaranya, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara.

“Perlindungan anak bukan dari kekerasan fisik dan non fisik, namun anak juga berhak mendapat perlindungan hukum,” katanya.

Pemateri Kedua, Amirullah Hamzah memberikan apresiasi kepada pemerintah utamanya legislatif dengan menerbitkan Perda nomor 5 tahun 2018 tentang perlindungan anak.

“Kasus anak berhadapan dengan hukum mencapai 1000 pertahun di Makassar. Sehingga, perlu keterlibatan semua pihak karena anak itu tanggung jawab semua orang khususnya orang dewasa,” cetus Amirullah.

Dokumentasi Sosialisasi Perda

Kata Amirullah, Perda ini digagas dan memberikan solusi tentang cara mendekatkan anak dan orang tua. Sebab, ia menyakini anak yang dekat orang dewasa terkontrol dengan baik.

“Perda ini memberikan hak kepada anak. Jadi, dengan adanya Perda ini anak-anak tidak boleh di Sel. Justru sangat berbahaya kalau anak-anak berada dilingkungan penjara,” ujarnya.


banner

Pos terkait