Termasuk Sulsel, BMKG Merilis 13 Daerah Rawan Banjir di Awal Tahun 2021

  • Whatsapp
Ilustrasi Banjir

WAJAHINDONESIA.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan wilayah Indonesia memasuki puncak musim hujan pada Januari-Februari 2021. Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diminta waspada terkait bencana banjir.

“Sampai Maret masih ada potensi multirisiko, tapi untuk hidrometeorologi puncaknya pada Januari-Februari,” kata Kepala BMKG Dwikorita dalam keterangan tertulis, Jumat (16/1/2021).

Bacaan Lainnya

Dwikorita menyebut pihak BMKG sejauh ini sudah mengeluarkan informasi potensi bencana bersamaan dengan prakiraan musim hujan sejak Oktober 2020. Sejak awal Januari 2021, sejumlah daerah bahkan dilaporkan mengalami banjir dan tanah longsor akibat peningkatan curah hujan.

Sementara itu, secara terpisah, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim Dodo Gunawan mengatakan saat ini Indonesia sudah memasuki puncak musim hujan. Masyarakat diminta mewaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi.

“Januari-Februari memasuki puncak musim hujan. Karena itu, perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap bencana hidrometeorologi,” ucap Dodo.

Berikut ini 13 provinsi yang berpotensi mengalami banjir menengah pada Dasarian III Januari 2021:

1. Banten
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. DI Yogyakarta
5. Jawa Timur
6. Bali
7. Nusa Tenggara Barat
8. Nusa Tenggara Timur
9. Sulawesi Tengah
10. Sulawesi Selatan
11. Sulawesi Tenggara
12. Maluku
13. Papua

Sumber: Detik.com


banner
Editor: Zaki Rifan

Pos terkait